You are here

Diet Makanan Mentah

Wordpress category: 
Taxonomy upgrade extras: 
Baru membayangkan mengkonsumsi makanan mentah saja mungkin kamu seram duluan. Tapi jangan salah, diet makanan mentah alias raw food diet ini tak hanya bisa menguruskan badan. Tapi juga bikin kulit sehat dan awet muda. Mulai tertarik?

 

Sebenarnya menyantap makanan mentah dalam budaya kita sudah ada sejak jaman nenek moyang. Menu lalapan yang selalu ada di setiap makanan Sunda bisa dibilang raw food diet juga kan? Jadi gerakan ini bukanlah sesuatu yang baru-baru amat. Natalie Rose, penulis buku The Raw Food Detoks Diet, mengatakan makanan mentah dapat membantu membentuk tubuh lebih langsing, kulit lebih muda dan menarik, lebih sehat, berenergi, stamina meningkat, serta lenyapnya bau badan dan mulut.
Bagaimana pola makanan mentah ini?
Tanpa masak Kalau dari definisinya, raw food diet berarti yang dikonsumsi hanya makanan mentah saja. Tanpa melalui proses pemasakan. Terdapat dua paham tentang raw food diet. Ada yang hanya mengonsumsi sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sebagainya dalam keadaan mentah. Namun ada juga yang menerjemahkan diet ini dengan mengonsumsi seluruh makanan mentah. Termasuk di dalamnya sayuran, buah, kacang, juga daging serta ikan mentah. Artturi Vertanen seorang pemenang nobel di bidang biokimia membuktikan secara ilmiah bahwa enzim penting yang ada di dalam makanan mentah keluar saat makanan tersebut dikunyah, dan enzim tersebut bersama dengan enzim yang diproduksi oleh tubuh akan berpadu dan menghasilkan manfaat paling optimal bagi tubuh. Lakukan bertahap Bagi yang baru memulai, sebaiknya jangan langsung drastis mengikuti raw food diet. Secara perlahan dan bertahap saja dulu. Pada tahap awal, Anda masih boleh mengonsumsi makanan matang agar proses detoksifikasi yang terjadi tidak terlalu berlebihan. Kombinasinya juga perlu diperhatikan, di antaranya, buah dimakan terpisah dari makanan lain dan makanan yang mengandung sumber protein hewani sebaiknya dimakan terpisah dengan sumber karbohidrat nabati. Menu makanan bisa dikombinasikan antara makanan mentah dan matang. Misal, makanan yang dimasak berupa nasi merah, tempe atau tahu, daging dan ikan. Sementara makanan mentahnya bisa dipilih antara lalapan mentah, gado-gado mentah atau salad sayuran. Jangan lupa, pantaulah kemajuan yang kamu capai.
Diet makanan mentah?? Siapa takutt..??!!!

Sumber: artikel asfa